Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Telkomsel Di Kota Ambon

Authors

  • Bello Ai Betti Ralahallo STIA Abdul Azis Kataloka
  • Muhamad Rifai Muhrim STIA Abdul Azis Kataloka

Keywords:

Bauran Pemasaran, Keputusan Pembelian, Kartu Telkomsel

Abstract

Penelitaian ini bertujuan untuk mengetahui : Apakah Bauran Pemasaran  Berpengaruh Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Telkomsel di Kota Ambon. Jumlah sampel dalam penelitan ini adalah sebanyak 60 orang konsumen/pelanggan kartu telkomsel simpati. Pengumpulan data dengan menggunakan kuisioner yang kemudian diukur dengan menggunakan skala likert. Hasil penelitin ini secara partial menunjukkan bahwa bauran pemasaran berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian Kartu Telkomsel sebesar nilai  thitung dari variable  bauran pemasaran adalah sebesar 3,769 dengan nilai signifikan sebesar 0,000 yang jauh lebih kecil dari t tabel 0,05 (thitung 0,000  <  ttabel 0.05). Koefisiensi korelasi (R) adalah sebesar 0,444 yang berarti bahwa hubungn antara Bauran Pemasaran (X) dengan Keputusan Membeli lemah. Angka adjusted R Square sebesar 0,183 berarti bahwa 18,3% keputusan membeli  kartu Simpati telkomsel di kota Ambon dapat di jelaskan oleh variable bauran pemasaran sedangkan sisanya 71,7% dijalaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agus TriBasuki, Nano Prawoto. 2016. Analisis Regresi Dalam Penelitian Ekonomi dan Bisnis. Cetakan 1. PT. Raja Grasindo Perkasa.

Anwar Sanusi. 2014. Metodologi Penelitian Bisnis. Cetakan Kelima. Salemba Empat.

Agus TriBasuki, Nano Prawoto. 2016. Analisis Regresi Dalam Penelitian Ekonomi dan Bisnis. Cetakan 1. PT. Raja Grasindo Perkasa.

Buchari Alma. 2016. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran jasa. Cetakan keenambelas. Alfa Beta Bandung.

Etta Mamang Sangdji, Sopiha. 2013. Perilaku Konsumen Pendekatan Praktis, Andi Offset, Jogyakarta.

Freddy Rangkuti,2005. Riset Pemasaran. Cetakan ketujuh. Gramedia Pustaka Utama

Kotler, Philip. 2005. Manajemen Pemasaran. Edisi 11. Jilid 1. Jakarta : PT.Indeks

Nana Hardiana Abdurahman, 2015. Manajemen Strategi Pemasaran. Cetakan Pertama. CV. Pustaka Setia Bandung.

Ratih Hurriyati. 2015. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Cetakan Keempat. Alfa Beta Bandung.

Sofyan Assuari. 2009. Manajemen Pemasaran. Cetakan keenambelas. Raja Grafindo Persada, Jakarta..

Syukrul Ikhsan, Tetra Hidayati 2011, Analisis faktor – faktor yang Mempengaruhi Keputusan Dalam Memilih Kartu GSM XL Pada PT. Exelcomindo, Tbk Makassar

Tatik Suryani. 2008. Perilaku Konsumen Implikasi pada Strategi Pemasaran. Cetakan Pertama. Graha Ilmu

Yohanes Anton Nugroho. 2011. Olah Data Dengan SPSS. Cetakan 1. Scipta Media Kreative

Riyanti Jabir, 2013, Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Dalam Memilih Produk Kartu As (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi Unhas).

https://inet.detik.com/telecommunication/d-3890678/detail-jumlah-pelanggan-operator-yang-registrasi-sim-card.

Published

2023-11-13

How to Cite

Ralahallo , B. A. B., & Muhrim, M. R. (2023). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Telkomsel Di Kota Ambon. HIPOTESA, 17(2), 89–101. Retrieved from https://e-jurnal.stiaalazka.ac.id/index.php/ojs-hipotesa/article/view/81

Issue

Section

Article