Pengaruh Reputasi, Kompetensi Dan Ekuitas Merek Terhadap Loyalitas Konsumen Di Kota Ambon

Authors

  • Noersyam Muhrim STIA Abdul Azis Kataloka

Keywords:

Reputasi, Kompetensi, Ekuitas Merek, Loyalitas Konsumen

Abstract

Perkembangan dunia pemasaran pada Era Globalisasi sekarang ini telah menjadi begitu kompleks dan  penuh dengan istilah-istilahnya. Pemasaran pada dasarnya adalah membangun merek di benak konsumen. Kekuatan merek terletak pada kemampuannya untuk mempengaruhi perilaku pembelian. Merek diyakini mempunyai kekuatan yang besar untuk memikat orang untuk membeli produk atau jasa yang diwakilinya. Keputusan pembelian lebih sering didasarkan pada pertimbangan merek dari pada hal-hal lain. Banyak variasi produk untuk jenis produk yang sama tetapi dengan merek yang berbeda pula. Dengan adanya merek maka akan mempermudah perusahaan untuk mengenalkan produknya kepada para konsumen sehingga merek harus selalu hidup dan dapat diterima pasar. Penelitian ini menggunakan kualitatif dengan sumber data adalah data primer dan data sekunder dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan observasi, teknik analisis data yang digunakan adalah Uji validitas dilakukan dengan menganalisis valid tidaknya sub variabel yang digunakan sebagai pengukuran dan selanjutnya dari sub variabel yang valid dilakukan analisis butir untuk melihat butir yang valid.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Assael, Hendry. (1998). Consumer Behavior, and Marketing Action, 6th ed.Cincinnati, OH: South Western College Publishing.

Dharmmesta, B.S. (1999), “Loyalitas Pelanggan: Sebuah Kajian Konseptual Sebagai Panduan Bagi Peneliti,” Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia, 14(3), 73-88.

Ekelund, Christer, and Sharma, D. D. (2001),” The Impact of Trust on relationship Commitment: A Study of Standardized Products in a Mature Industrial Market,”Working paper. pp 12-21Gujarati, D.N. (2003), Basic Econometric. Fourth edition, Mc Graw-Hill Company, Inc.

Fournier S. 1998, Consumers and their brands : Developing Relationship Theory in Consumer Research, Jurnal of Consumer Marketing, Vol. 24 No.4 pp.343-74

Lau, Geok Theng and Lee, Sook han (1999),” Consumer Trust in Brand and The Link To Brand Loyalty,” Journal of market focused management.Vol 4. pp 341-370.

Morgan, R.M., and S.D. Hunt. (1994), “The Commitment-Trust Theory of Relationship Marketing,” Journal of Marketing, 58 (July), pp.20-38

Yoo, B.; Donthu, N.; and S., Lee (2000), “An Examination of Selected Marketing Mix Elements and Brand Equity,” Journal of Academy Marketing Science, 28(2): 195-211.

Published

2023-11-13

How to Cite

Muhrim, N. (2023). Pengaruh Reputasi, Kompetensi Dan Ekuitas Merek Terhadap Loyalitas Konsumen Di Kota Ambon. Hipotesa - Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 17(2), 73–88. Retrieved from https://e-jurnal.stiaalazka.ac.id/index.php/ojs-hipotesa/article/view/80

Issue

Section

Article