Pengaruh Transportasi Online Terhadap Kepuasan Konsumen Di Kota Ambon
Kata Kunci:
Transportasi Online, Kepuasan KonsumenAbstrak
Transportasi online yang beroperasi di Kota Ambon saat ini adalah Grab dan Gojek.Transportasi Online menjadi pionir layanan ojek berbasis aplikasi mobile melalui layanan Go-Ride-nya. Dengan metode ini, pengguna aplikasi transportasi online cukup memesan ojek melalui aplikasi mobile secara online dan nantinya akan dijemput oleh supir ojek yang merespon pesanan pengguna atau calon penumpang. Transaksi pembayaran dilakukan saat pengguna sampai ke tujuan kepada supir ojek melalui mobile payment atau tunai. Tarif yang dikenakan bervariasi berdasarkan jarak yang ditempuh atau berdasarkan flat rate yang diberlakukan. Semakin banyaknya transportasi online berdampak pada semakin ketatnya persaingan. Faktor yang menjadi penyebab terjadinya hal tersebut yakni adanya persaingan harga dan terdapatnya alternatif pilihan jasa transportasi online. Hal ini menjadikan konsumen semakin selektif dalam memilih jasa transportasi. Konsumen akan memilih salah satu diantara pilihan alternatif yang menurutnya sesuai dengan yang diinginkan. Mengantisipasi keadaan tersebut maka transportasi online khususnya Gojek dan Grab harus bisa menciptakan kepuasan konsumennya. Penelitian bertujuan: a) Mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen jasa transportasi Online di Kota Ambon; b) Mengetahui pengaruh harga terhadap kepuasan konsumen jasa transportasi Online di Kota Ambon. Metode yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, Uji Signifikasi (Uji t) dan Uji Simultan (Uji F). Hasil analisis data dari uji simultan dan uji signifikansi, dapat diketahui bahwa variabel kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan konsumen transportasi online mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan, yang dibuktikan dari uji analisis regresi. Bentuk pengaruh dari kualitas pelayanan dan harga dengan kepuasan konsumen tersebut dapat digambarkan dengan persamaan regresi yang diperoleh nilai koefisien regresi yang bertanda positif, hal tersebut menunjukkan bahwa antara kualitas pelayanan dan harga mempunyai pengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan. Dengan demikian dapat dijelaskan bahwa jika variabel kualitas pelayanan ditingkatkan satu point, maka akan diikuti dengan meningkatnya kepuasan pelanggan. Jika harga ditingkatkan satu point maka akan diikuti dengan naiknya kepuasan pelanggan.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 HIPOTESA - Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.