Analisa Pemasaran Kopi (Coffea, sp) Di Dusun Tanah Goyang Desa Lokki Kecamatan Huamual Kabupaten Seram Bagian Barat
DOI:
https://doi.org/10.69774/hipotesa.v18i2.96Keywords:
Analisa, Pemasaran KopiAbstract
Analisa Pemasaran Kopi di Dusun Tanah Goyang Desa Loki bertujuan mengidentifikasi tingkat efisiensi pemasaran komoditi kopi serta mengetahui margin marketing, profit marketing dalam rantai pemasaran komoditi kopi. Penentuan sampel dilaksanakan dengan menggunakan metode sampel random sampling. Jumlah petani sampel ditetapkan sebanyak 25 orang, sedangkan untuk pedagang dengan metode snowball sampling yaitu berdasarkan informasi dari petani produsen kepada siapa mereka menjual produknya sampai pada tingkat pedagang selanjutnya. Dengan perincian desa sebagai berikut : Pedagang pengumpul : 3 orang, Pedagang pengumpul kecamatan : 1 orang dan Pedagang pengecer (Agen) : 1 orang. Teknik analisa menggunakan margin marketing dan profit marketing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efisiensi pemasaran dalam rantai pemasaran kopi di Dusun Tanah Goyang inefisien pada pelaku pasar (pedagang pengumpul kecamatan) bila dibandingkan dengan pelaku pasar lainnya dalam jaringan pemasaran yang sama, hal ini disebabkan karena pedagang perantara berada pada posisi antara produsen dan agen sebagai konsumen.
Downloads
References
Tambunan, T. 2003. Perkembangan Sektor Pertanian Di Indonesia. Ghalia Indonesia. Jakarta.
William, J. 2008. Prinsip Pemasaran. Erlangga. Jakarta.
Kotler, P. 2002. Manajemen Pemasaran, Analisis, Pemasaran Control L. Jilid 1. Penerbit PT. Prenhallindo, Jakarta. 330 Hal.
Hamid A.K. 1972. Tataniaga Pertanian Fakultas Pertanian IPB-Bogor
Soekartawi 1989. Prinsip Dasar Manajemen Pemasaran Hasil-Hasil Pertanian CV Rajawali Jakarta
Soekartawi 1991. Resiko dan Ketidak Resiko Serta Ketidakpastian dalam Agribisnis. Raja Grafindo Persada Jakarta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Hipotesa - Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.