Efektifitas Pengelolaan Retribusi Parkir Kendaraan Bermotor Di Kawasan Jalan A.Y. Patty Kota Ambon

Authors

  • S Watianan STIA Abdul Azis Kataloka Ambon

Keywords:

Efektivitas, Peogelolaan Retribusi Parkir

Abstract

Penelitian ini membahas terkait Efektivitas Pengelolaan Retribusi Parkir Kendaraan Bermotor Kawasan Jalan A.Y. Patty Kota Ambon. Penelitian ini dimaksud untuk menjawab permasalahan, Bagaimana Efektivitas Pengelolaan Retribusi Parkir Kendaraan Bermotor Di Kawasan Jalan A.Y. Patty Kota Ambon. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan 7 orang penelitian yang dipilih secara purposive. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teori Miles dan Huberman meliputi pengumpulan data, tahap reduksi data, penyajian data, dan tahap verifikasi serta penarikan kesimpulan . Hasil Analisa dan kajian menemukan fakta bahwa Efektivitas Pengelolaan Retribusi Parkir Kendaraan Bermotor Di Kawasan Jalan AY Patty Kota Ambon, yang dilakukan oleh pemerintah Kota Ambon tidak memberikan konstribusi yang berarti dalam mendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD) walaupun terdapat sedikit peningkatan dari tahun-tahun sebelumnya namun belum optimal . Berdasarkan data penelitian yang diperoleh pada kurun waktu  tiga tahun terakhir yakni tahun 2019 sampai tahun 2021 menunjukan peningkatan yang kurang signifikan. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa ada yang salah dalam sistem pungutan yang dilakukan di lokasi perparkiran, apakah itu dari mekanisme yang tidak tepat yang berhubungan dengan petugas parkir serta sarana parkir serta sistemnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad Yani, 2004. Hubungan Kewangan antara Pemerintah Puxat dan Daerah, Sumber Ilmu: Jakarta.

Ahmad Yani 2008, Hubungan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah di Indonesia, Rajawali Pers: Jakarta..

Abdul Halim. 2007. Akuntanai Sektor Publik: Akuntansi Keuangan Daerah. Salemba Empat: Jakarta

Anggoro D. Damas 2017. Pajak Daerah dan Retribusi Daerah. UB Press: Malang. Baldric Siregar. 2017. Akuntansi Sektor Publik. Edisi 2.: UPP: Yogyakarta.

Beni Pekei. 2016. Konsep dan Analisis Efektivitas Pengelolaan Keuangan Daerah di Era Otonomi.Buku 1 Taushia: Jakarta Pusat.

Dewi S.R. 2013. Peranan Retribusi Parkir Dalam Dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah Kota Magelang: Magelang.

Erni Tisnawati, dkk.. 2009. Pengantar Manajemen, Kencana Perdana Media Group: Jakarta. Faizatullailah, Yustica 2013. Pajak dan Retribusi Parkir terhadap Pendapatan Asli Daerah Kota

Surabaya. Jurnal Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Surabaya Volume 1, Nomor 3. Agustus

Fajar dkk, 2014. Analisis Efektivitas dan Efisiensi Retribusi Daerah di Kabupaten Pekalongan Tahun 2010-2014. Economics Development Analysis journal Vol.5 No.2.

Hanif Nurcholis, 2007. Teori dan Praktik Pemerintahan dan Otonomi Daerah, Grasindo Jakarta. Hasibuan, Malayu SP, 2011. Manajemen Dasar, Pengertian, dan Masalah. CV. Haji Masagung: Jakarta.

Kumorotomo, W. 2005. Erika Administrasi Negara. PT RajaGrafindo Persada Jakarta.

Sari Hayati, 2016. Efektivitas dan Kontribusi Penerimaan Retribusi Parkir Terhadap Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Seruyan Jurnal Terapan Manajemen Bisnis.

Maribot P. Siahaan 2005, Pajak derah Dan Retribusi Daerah, PT Raja Grafindo Persada Jakarta. Maribot P. Siahaan 2011, Pajak Daerah Dan Retribusi Daerah, PT Raja Grafindo Persada: Jakarta. Mardiasmo. 2002. Otonomi Dan Manajemen Kewangan Daerah. Penerbit Andi:Yogyakarta Mardiasmo. 2017. Perpajakan. Andi: Yogyakarta.

Mahmudi, 2010, Manajemen Kinerja Sektor Publik, UPP STIM YKPN: Yogyakarta.

Mariyana, Rita, dkk. 2010. Pengelolaan Lingkungan Belajar. Kencana Prenada Media Group: Jakarta.

Muhammad Fauzan. 2006. Hukum Pemerintahan Daerah, Kajian Tentang Hubungan Kewangan Antara Pusat Dan Dearah. UUI Press: Yogyakarta.

Nadia Azlin, 2013. Analisia Efektivitas Pelayanan Adminstrasi Pada Rumah Sakit Umum Daerah Arifin Ahmad Provinsi Riau Pekanbaru.

Nugroho, Riant D. 2003. Kebijakan Publik: Formulasi, Implementasi Evaluasi, PT. Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia: Jakarta.

Purnamasari. 2015. Panduan Menyurun Sop Standard Operating Procedure. Kobis (Komunitas Bisnis): Jakarta.

Steers, M. R. 2015. Efektivitus Organisasi. Erlangga : Jakarta. Siagian, Sondang, P.2008. Filsafat Administrasi. Bina Aksara: Jakarta. Sukarna, 2011. Dasar-dasar Manajemen. Mandar Maju: Bandung

Suhunda 2007 Akuntansi Keuangan Pemerintah Daerah. Andalas Lima Sisi: Padang.

Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu Dalam Teori Dan Praktek. Prestasi Pustaka : Jakarta. Tim Prima Pena, 2015. Kamu Besar Bahasa Indonesia Gitamedia Press Jakarta.

Victor Jusul' Sedubun. 2017. Pembentukan dan Pengawasan Peraturan Daerah Yang Berciri Khas Daerah. Deepublish: Yogyakarta.

Published

2023-05-26

How to Cite

Watianan , S. (2023). Efektifitas Pengelolaan Retribusi Parkir Kendaraan Bermotor Di Kawasan Jalan A.Y. Patty Kota Ambon. Hipotesa - Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 17(`1), 38–48. Retrieved from https://e-jurnal.stiaalazka.ac.id/index.php/ojs-hipotesa/article/view/70

Issue

Section

Article