Optimalisasi Pelayanan Publik Dalam Meningkatkan Akuntabilitas Kinerja Pada Kantor Pelayanan Publik Pemerintah Kota Ambon
Keywords:
Pelayanan Publik, Akuntabilitas, KinerjaAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana mengoptimalkan pelayanan publik dalam meningkatkan Akuntabilitas Kinerja Pada PEMKOT Ambon Tata pemerintahan yang baik merupakan isu yang paling sentral muncul dalam manajemen administrasi publik saat ini. Gencarnya tuntutan masyarakat kepada pemerintah untuk menyelenggarakan pemerintahan yang baik sejalan dengan semakin tingginya tingkat pengetahuan dan pendidikan masyarakat, di samping pengaruh globalisasi.Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Dengan Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif yaitu menguraikan juga menafsirkan data yang diperoleh di lapangan dari para informan, hasil pengamatan dan data dokumenter lainnya .Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Pemerintah Daerah telah menerapkan sistem akuntabilitas sesuai dengan peraturan yang ada, namun dengan sumber daya yang terbatas menghambat pelayanan prima kepada masyarakat. Kinerja pelayanan publik yang buruk sebagian disebabkan oleh kurangnya akuntabilitas dalam administrasi . Karena efektivitas kinerja birokrasi pelayanan publik belum berimplikasi luas terhadap pencapaian kesejahteraan rakyat, maka pelayanan publik harus diselenggarakan oleh setiap unit pelayanan instansi pemerintah secara terbuka dan bertanggung jawab. Akuntabilitas Pemerintah Kota Ambon yang diselidiki, serta bagaimana pengaruhnya terhadap penyediaan layanan publik.
Downloads
References
Anggraeni, Ferina. 2020. “Pengaruh Penerapan Anggaran Berbasis Kinerja Terhadap Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah ( Studi Pada Satuan Kerja Perangkat Daerah Kota Bandung ) The Influence Of Performance Based Budget Implementation On Performance Accountability Of Government.” Indonesian Accounting Research Journal 1, No. 1.
Bastian, Indra, 2019. “Lingkup Akuntansi Sektor Publik.” Lingkup Akuntansi Sektor Publik .
Bastian, Indra, 2002. And Gatot Soepriyanto. Sistem Akuntansi Sektor Publik. Salemba Empat,.
Carino, Ledivina V. 2008. “Towards A Strong Republic: Enhancing The Accountability Of The Philippine State.” Public Administration Quarterly.
Djalil, Rizal. 2014. Akuntabilitas Keuangan Daerah: Implementasi Pasca Reformasi. Rmbooks.
Heptariani.Z, dkk.2013. “Pengaruh Kejelasan Sasaran Anggaran, Budaya Organisasi, Dan Sistem Pelaporan Terhadap Akuntabilitas Kinerja (Studi Empiris Pada Universitas Riau).” Sorot 8, No. 1.
Ledvina, V C. 1991. “Accountability, Corruption And Democracy: A Clarification Of Concept.” Asian Review Of Public Administration.
Lukman, Sampara. 2008. “Manajemen Kualitas Pelayanan, Jakarta: STIA LAN.” Press.
Madjid, La. 2017 “Optimalisasi Pelayanan Publik Perspektif David Osborne.” Jurnal Ilmiah Administrasi 8, No. 2.
Putri, Risma. 2009. “Pengaruh Kejelasan Sasaran Anggraran, Pengendalian Akuntansi Dan Sistem Pelaporan Terhadap Persepsi Aparatur Pemerintah Daerah Atas Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah.” Skripsi. Yogyakarta: Universitas Muhammadiyah.
Shaputra, dkk. 2015. “Pengaruh Kompetensi, Komitmen Dan Pengembangan Karir Terhadap Kinerja Karyawan PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Kantor Wilayah Pekanbaru.” Jurnal Tepak Manajemen Bisnis 7, No. 1 .
Suaedi, Falih, dkk. 2010. “Revitalisasi Administrasi Negara: Reformasi Birokrasi Dan E-Governance.” Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sudarto, Aman. 1999. “Analisis Kinerja.” Surabaya: Diklat Prop. Dati I Jatim.
Wardani, dkk, 2022. “Pengaruh Kejelasan Sasaran Anggaran, Ketepatan Anggaran, Sistem Pelaporan Dan Sistem Pengendalian Manajerial Sektor Publik Terhadap Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (Studi Kasus ATR/BPN Kota KLATEN).” Universitas Widya Dharma,.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Hipotesa - Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.