Pengaruh E-Commerce Dan Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi Terhadap Efektivitas Kinerja UMKM Di Kota Ambon

Authors

  • Ode Aulia Rahim STIA Abdul Azis Kataloka Ambon

Keywords:

E-commerce, Sistem Informasi Akuntansi, UMKM

Abstract

UMKM merupakan salah satu sektor industri untuk menciptakan nilai tambah bagi lapangan kerja dan sumber devisa, oleh karena itu UMKM menjadi industri yang eksotis dan bagian penting dalam persaingan perdagangan internasional. Riset ini berusaha untuk menghitung sejauh mana E-commerce dan pemanfaatan Sistem Informasi Akuntansi memengaruhi kepada efektivitas kinerja UMKM di Ambon.

Riset ini menggunakan metode kuantitatif. Informasi yang dikumpulkan dalam riset ini berasal dari data primer melalui penyebaran kuesioner. Sampel terdiri dari 85 responden. Proses pemilihan responden dilakukan dengan menggunakan rumus dari Lemeshow, dengan metode purposive sampling. Pengolahan informasi ini menggunakan aplikasi software SPSS 25.

Berdasarkan analisis riset menggunakan uji f terbukti bahwa variabel e- commerce dan SIA memiliki pengaruh signifikan terhadap efektivitas kinerja UMKM di Kota Ambon.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aditya, I Kadek Dodik, dan Ni Wayan Alit Erlina Wati. (2021). Pengaruh E- Commerce, Sistem Informasi Akuntansi Dan, Pengendalian Internal Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan: Studi Kasus Pada UMKM Di Kota Denpasar. Hita Akuntansi dan Keuangan. Bali: Univ. Hindu Indonesia.

Ayu Novi, H., dan Andwiani Sinarasri. (2018). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Adopsi E-commerce dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja UMKM: Studi Kasus UMKM di Wilayah Kota Semarang. Jurnal Unimus, 8(1). https://doi.org/10.26714/mki.v8i1.5159

Dharmawan, J., dan Ardianto, J. (2017). Pengaruh Kemutakhiran Teknologi, Kemampuan Teknik Personal Sistem Informasi, Program Pelatihan Pengguna dan Dukungan Manajemen Puncak Terhadap Kinerja Sistem Informasi Akuntansi. Ultima Accounting: Jurnal Ilmu Akuntansi, 9(1).

Ernawati, N., dan Arumsari, N. R. (2021). Sistem Informasi Akuntansi Pada Kinerja Usaha Menengah. Jurnal Bisnis dan Akuntansi, 23(1).

Fida, I. A. Fi. (2021). Transaksi E-commerce Sebagai Pertahanan UMKM di Tengah Pandemi Covid-19 Dalam Perspektif Islam. Jurnal IMTIYAZ, 5(2).

Hasibuan, Henny Triyana. (2020). Pengaruh Penggunaan Informasi Akuntansi terhadap Keberhasilan Usaha Mikro Kecil. E-Jurnal Akuntansi, 30(7). Bali: Universitas Udayana. https://doi.org/10.24843/EJA.2020.v30.i07.p19

Hoiron, M., Wahyudi, Ed., dan Puspaningtyas, Z. (2018). Pengaruh Kapabilitas Pemasaran, Keunggulan Bersaing dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja UKM di Kabupaten Lumajang. Majalah Ilmiah “DIAN ILMU,” 18(1).

Hutabarat, Muhammad Prauzi Azhari. (2021). Pengaruh Modal Usaha, Penggunaan Informasi Akuntansi Dan Sistem Penjualan E-commerce Terhadap Kinerja Keuangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah: Studi Pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kota Lhokseumawe. Jurnal Akuntansi Malikussaleh, 1(1). Aceh: Universitas Malikussaleh. https://doi.org/10.29103/jam.v1i1.6852

Jannah, Anis Nur, dan Eko Triyanto. (2021). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penggunaan Informasi Akuntansi Berbasis E-Commerce Pada UMKM. Jurnal Akuntansi, 16(1). Surakarta: STIE Surakarta. http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jak

Jaya, I Made Laut Mertha. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif: Teori, Penerapan, dan Riset Nyata. Yogyakarta: Anak Hebat Indonesia.

Kusumadewi, R. N. (2017). Pengaruh Locus of Control dan Financial Literacy Terhadap Kinerja UKM pada Pelaku UKM Desa Rawa Kecamatan Cingambul Kabupaten Majalengka. Prosiding Seminar Nasional Dan Call for Paper.

Lestari, N. A., dan Rustiana, S. H. (2019). Pengaruh Persepsi Owner dan Pengetahuan Akuntansi Dalam Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi Terhadap Kinerja Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah di Pamulang. BASKARA Journal of Business & Entrepreneurship Universitas Muhammadiyah Jakarta. https://doi.org/10.24853/baskara.1.2.67-80

Marendra, Evi Ekawati, dan Nasruddin. (2021). Pengaruh sistem informasi akuntansi dan E-commerce pada kinerja UMKM. Akuntabel, 19(3). Lampung: UIN Raden Intan. https://doi.org/10.29264/jakt.v19i3.11544

Ningtyas, J. D. A., Si, M., dan Pusmanu, P. (2017). Penyusunan Laporan Keuangan UMKM Berdasarkan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro, Kecil dan Menengah (SAK-EMKM): Studi Kasus di UMKM Bintang Malam Pekalongan. Riset dan Jurnal Akuntansi, 2(1).

Nurlinda dan Vidya Fathimah. (2019). Determinan Adopsi E-commerce dan Dampaknya Pada Kinerja Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Jurnal Riset Akuntansi dan Keuangan, 7(3). Medan: STIM Sukma. https://doi.org/10.17509/jrak.v7i3.18105

Prauzi, Nur Afni Yunita, Rani, Indrayani. (2021). Pengaruh Modal Usaha, Penggunaan Informasi Akuntansi dan Sistem Penjualan E-commerce Terhadap Kinerja Keuangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah: Studi Pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kota Lhokseumawe. Jurnal Akuntansi Malikussaleh, 1(1). Aceh Utara: Universitas Malikussaleh. https://doi.org/10.29103/jam.v1i1.6852

Purnata, I Wayan Raka dan I Made Sadha Suardikha. (2019). Pengaruh E- Commerce, Budaya Organisasi, dan Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan pada UKM. E-Jurnal Akuntansi, 28(1). Bali: Universitas Udayana.

Radjab, E., dan Jam’an, A. (2017). Metode Penelitian Bisnis. Makassar: Lembaga Perpustakaan dan Penerbitan Universitas Muhammadiyah Makassar.

Rahmawan, N. A. (2017). Pengaruh Kecanggihan Teknologi Informasi, Keahlian Pemakai, Pemanfaatan Teknologi Informasi, dan Partisipasi Manajemen Terhadap Efektivitas Sistem Informasi Akuntansi. E-Jurnal Akuntansi Udayana, 6(1).

Published

2023-11-13

How to Cite

Rahim, O. A. (2023). Pengaruh E-Commerce Dan Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi Terhadap Efektivitas Kinerja UMKM Di Kota Ambon. Hipotesa - Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 17(2), 102–113. Retrieved from https://e-jurnal.stiaalazka.ac.id/index.php/ojs-hipotesa/article/view/82

Issue

Section

Article