Analisis Konten Akun Instagram Meet Coffee Dalam Meningkatkan Brand Awareness Di Kota Ambon

Authors

  • Sulthan Ahkam Haq Pattiiha Universitas Pattimura
  • La Jaali Universitas Pattimura
  • Yuniar Sakinah Waliulu Universitas Pattimura

DOI:

https://doi.org/10.69774/hipotesa.v18i2.98

Keywords:

Konten Instagram, Brand Awareness, Meet Coffee

Abstract

Sulthan Ahkam Haq Pattiiha, dengan judul Analisis Konten Akun Instagram Meet Coffee Dalam Meningkatkan Brand Awarness Di Kota Ambon. Adapun penelitian ini menggunakan Teori Brand Awareness menurut Keller dengan menganalisis konten instagram @meetcoffee__ dalam meningkatkan Brand Awareness di Kota Ambon yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana konten instagram Meet Coffee dapat bantu meningkatkan Brand Awareness dari sebuah produk yang mereka jual. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap 7 informan. Penelitian ini dilaksanakan di dua tempat berbeda yang pertama untuk sesi wawancara owner Meet Coffee yang berlokasi di Meet Coffee jalan Jendral Sudirman,Kota Ambon, Maluku dan lokasi berikutnya sesi wawancara bersama 6 informan lainnya yang merupakan followers instagram Meet Coffee yang dilakukan di Gaek Coffee Idn jalan A.M Sangaji, Kota Ambon, Maluku

Hasil Penelitian mengungkapkan bahwa konten instagram yang diunggah Meet Coffee menggunakan 3 fitur yang disediakan oleh instagram memiliki peran dalam membantu meningkatkan Brand Awareness Meet Coffee, yaitu dengan menggunakan 4 kategori yang dinyatakan menurut Keller adalah Recall, Recognition, Purchase, Consumption.

Downloads

Download data is not yet available.

References

As’ad H, Abu Rumman, dkk. Alhadid. 2014. The Impact Of Social Media Marketing On Brand Equity : An Empirical Study On Mobile Service Providers In Jordan, Review Of Integrative Bussines And Economics Research, Vol. 3:1.

Atmoko Dwi, dkk.. 2012. Instagram Handbook Tips Fotografi Ponsel. Jakarta: Media Kita.

Effendy. 2003. Ilmu Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti.

Juliana, Selly dan Sihombing, Sabrina. 2019. Pengaruh Penempatan Produk dan Kesadaran Merek Terhadap Niat Membeli Jurnal Manajemen Dan Pemasaran Jasa, Vol. 12 No. 1 Maret 2019 19-34 http://dx.doi.org/10.25105/jmpj.v12i1.3702

Kurniawan, Puguh. 2017. Pemanfaatan Media Sosial Instagram Sebagai Komunikasi Pemasaran Modern Pada Batik Burneh. Kompetensi (Competence : Journal Of Management Studies), 11(2). https://Doi.Org/10.21107/Kompetensi.V11i2.3533 Diakses 23 April 2023.

Kotler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga

McQuail, D. 2010. McQuail's Mass Communication Theory. Netherlands: SAGE Publications, Ltd

Moleong, L. J. 2017. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Safko, dkk. 2009. The Social Media Bible: Tactics, Tools, and Strategies for Business Success. New Jersey: John Willey & Sons.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Sukotjo, H. (2016). Pengaruh kesadaran merek, asosiasi merek, dan brand image terhadap keputusan pembelian Aqua. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, (Online), 5(5).

Triansyah, dkk. 2023. Memahami Metodologi Penelitian. Batam: Yayasan Cendikia Mulia Mandiri

Winadi, J. S. 2017. Hubungan word of mouth dengan brand awareness teh kotak. Jurnal E.

Komunikasi, (Onlie), 5(1). https://media.neliti.com/media/publications/185778-idhubungan-word-of-mouth-dengan-brand-awar.pdf diakses 10 September 2020.

Published

2024-11-27

How to Cite

Ahkam Haq Pattiiha, S., Jaali, L., & Sakinah Waliulu , Y. (2024). Analisis Konten Akun Instagram Meet Coffee Dalam Meningkatkan Brand Awareness Di Kota Ambon. HIPOTESA, 18(2), 39–54. https://doi.org/10.69774/hipotesa.v18i2.98

Issue

Section

Article